Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Cara Ampuh Jaga Keamanan Internet Banking

Berkembangnya dunia teknologi, khususnya pada sektor perbankan memaksa kita untuk selalu berusaha menjaga keamanan data secara digital. Banyak modus yang mereka gunakan untuk mencuri data pribadi kita.

3 Cara Ampuh Jaga Keamanan Internet Banking

Salah satu modus yang paling sering digunakan adalah phising. Apa itu phising? phising adalah teknik mendapatkan informasi pribadi melalui teknik pengelabuan yang biasanya sangat mirip dengan tampilan aslinya.

Informasi pribadi yang sering diincar adalah berupa kata sandi, email, pin dan informasi terkait data pribadi kita yang lainnya.

Hingga sekarang, sebenarnya kita tidak perlu khawatir dengan tingkat keamanan pada internet banking yang ditawarkan oleh bank. Setiap bank sudah dibekali dengan keamanan yang cukup memadai.

Meskipun tingkat keamanan internet banking sudah terjamin keamanannya, alangkah baiknya kita tetap selalu waspada.

3 Cara Ampuh Jaga Keamanan Internet Banking

Agar aktivitas transaksi internet banking kalian semakin aman dan nyaman, berikut ini telah saya siapkan beberapa tips atau cara untuk menjaga keamanan internet banking yang ampuh.

1. Mengubah PIN Secara Rutin

Mengubah PIN secara rutin merupakan opsi terbaik yang saat ini untuk dilakukan. PIN merupakan informasi pertama yang sering diincar untuk mencuri uang kalian.

Cara terbaik untuk mengubah PIN transaksi adalah tidak menggunakan kombinasi tanggal lahir kalian atau tanggal jadian kalian dengan kekasih kalian. Hal ini karena sangat mudah untuk ditebak.

Untuk menghindari hal demikian, cukup ubah PIN kalian secara rutin baik 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali itu tidak masalah.

2. Hindari Login Otomatis

Fitur login otomatis sebenarnya sangat berguna bagi kalian yang suka malas memasukkan kata sandi berulang kali. Tetapi, fitur ini akan menjadi bumerang jika berisi informasi perbankan.

Jika kalian menggunakan browser bukan milik pribadi maka alangkah baiknya agar tidak menggunakan fitur ini. Terutama di browser Chrome yang sering menawarkan login otomatis.

Agar semakin aman, hindarilah login otomatis untuk aktivitas transaksi perbankan kalian.

3. Jangan Gunakan Wi-FI Publik

Mendapatkan akses Wi-FI publik bagi sebagian orang merupakan hal yang paling menyenangkan. Namun, Wi-FI publik ternyata memiliki kelemahan yang wajib kita waspadai.

Para hacker sering menggunakan Wi-Fi publik untuk melihat segalanya. Wi-Fi publik biasanya tidak memiliki lalu lintas jaringan yang tidak terenkripsi sehingga bagi hacker mudah untuk diakses.

Cara terbaik untuk transaksi perbankan adalah menggunakan jaringan seluler yang Anda miliki agar keamanan lebih terjamin.

Kesimpulan

Demikian ulasan singkat mengenai tips menjaga keamanan internet banking Anda. Tetaplah waspada, jangan memberikan informasi perbankan Anda ke siapapun termasuk orang yang mengaku karyawan bank.

Posting Komentar untuk "3 Cara Ampuh Jaga Keamanan Internet Banking"